Cara Pinjam Uang Online Aman Dan Terpercaya

3 min read

cara pinjam uang online aman dan terpercaya

Cara pinjam uang online yang aman dan terpercaya bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan uang secara mendadak, jalan keluar kesulitan ekonomi dan berbagai kondisi lainnya.

Selain itu, pinjaman online jadi andalan seseorang saat membutuhkan uang dan biasanya seseorang tidak ingin meminjam pada keluarga dan kerabat khawatir mereka juga lagi belum punya uang karena masa pandemi saat ini membuat ekonomi kian hari makin menurun.

Pinjaman online dapat menjadi jalan keluar untuk situasi finansial dan membantu kehidupan orang.

Cara Pinjam Uang Online Pakai Aplikasi

Cara mengajukan pinjaman online terbilang mudah dibandingkan pinjaman konvensional. Anda yang ingin meminjam uang online hanya perlu bermodal KTP dan bisa mendapatkan pinjaman mulai dari 100 ribu hingga 10 juta.

Bahkan, beberapa penyedia pinjol juga menyediakan limit pinjaman yang lebih besar.

Syarat pinjaman online yang tanpa agunan menjadi pilihan yang sangat membantu ketika tidak memiliki harta yang bisa dijadikan jaminan.

Selain itu, proses pencairan pinjaman online juga sangat cepat. Bahkan, ada penyedia pinjaman online yang menjanjikan pinjaman 5 menit langsung cair asalkan memenuhi persyaratan yang ditentukannya aplikasi fintech.

Oleh karena itu, perhatikan langkah berikut cara pinjam uang online yang sangat mudah.

1 Pilih aplikasi pinjam online yang tepat

Sebelum membahas cara pinjam uang online, Anda harus mencari aplikasi pinjam online yang tepat terdahulu.

Dengan memilih aplikasi yang tepat, Anda bisa terhindar dari berbagai resiko pinjaman online, sudah banyak kasus pinjaman yang tidak terdaftar OJK atau aplikasi pinjaman online ilegal.

Apabila pinjol aplikasi sudah terdaftar OJK, maka aplikasi tersebut akan memiliki layanan yang bagus, mendapat rekomendasi banyak pengguna dan bisa dilihat akun sosial medianya yang responsif.

2. Siapkan syarat pinjaman online

Syarat pinjaman online setiap perusahaan fintech bisa berbeda-beda. Namun, syarat yang paling umum adalah KTP dan rekening bank yang digunakan untuk menerima pinjaman.

Perlu pula Anda catat jika nama yang tertera pada rekening harus sama dengan nama pada KTP yang didaftarkan. Persyaratan lain yang kerap diminta adalah umur minimal, NPWP, dan slip gaji.

Biasanya slip gaji juga bisa menentukan jumlah besar kecil limit saldo yang anda dapatkan. Syarat-syarat tersebut harus dipenuhi untuk bisa dipenuhi pengajuannya.

3 Pendaftaran dan verifikasi akun

Cara pinjam uang online selanjutnya adalah mendaftarkan diri pada aplikasi pinjol yang anda dipilih dan melakukan verifikasi akun.

Pada tahap verifikasi, Anda harus menyertakan foto KTP, foto selfie, dan melengkapi data diri yang diperlukan.

Proses ini juga tidak bisa langsung selesai, karena umumnya membutuhkan proses verifikasi data yang di masukkan dan membutuhkan waktu setidaknya 24 jam tapi kadang juga bisa lebih cepat.

4. Pengajuan pinjaman

Setelah akun berhasil diverifikasi, Anda bisa mulai mencoba mengajukan pinjaman.

Jumlah pinjaman yang diajukan dapat diatur sendiri dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, jumlah pinjaman yang diajukan harus tetap disesuaikan dengan limit yang tersedia. Jadi,pinjaman benar-benar menyesuaikan dengan syarat dan juga kemampuan.

5. Menunggu pencairan

Pinjaman yang Anda ajukan umumnya tidak bisa langsung disetujui. Diperlukan waktu untuk verifikasi akun dan pencairan pinjaman.

Ada aplikasi pinjaman online langsung cair hitungan menit, tapi ada juga yang membutuhkan proses verifikasi serta pencairan hingga 1×24 jam.

Tips Memilih Aplikasi Pinjam Uang Online

cara pinjam uang online aman
Cara Pinjam Uang Online Langsung Cair

Sudah mengetahui tata cara pinjam uang online dan semakin tertarik untuk mengajukan pinjaman?

Tunggu dulu! anda perlu mengetahui terlebih dahulu tips memilih aplikasi pinjam uang online agar tidak salah pilih aplikasi dan akhirnya dirugikan. Pastikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu!

1. Pastikan aplikasi terdaftar di OJK

Cara pinjam uang online aman yaitu bisa melalui aplikasi resmi, dan pastinya aplikasi pinjol yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jaminan Keuangan).

Aplikasi yang sudah terdaftar akan tunduk dengan regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari aplikasi pinjaman online yang merugikan konsumen dan dilindungi oleh pengawasan negara.

2 Pilih Tenor Pinjaman yang Tepat

Pilih aplikasi pinjam online yang menyediakan berbagai pilihan tenor.

Umumnya, Anda bisa memilih dua jenis tenor. Petama, pinjaman cepat yang harus dilunasi pokok beserta bunganyadalam waktu yang ditentukan.

Sedangkan yang kedua adalah pinjaman cicilan yang bisa Anda cicil sesuai jangka waktu yang disepakati. Temukan tenor yang paling pas dengan kemampuan dan ketahui semua persyaratannya.

3 Perhatikan Suku Bunga

Cara pinjam uang online memakai aplikasi memang terbilang mudah, tapi Anda tidak boleh melupakan suku bunga yang dibebankan .

Cermati suku bunga yang ditetapkan agar tidak mendadak mendapati jumlah cicilan atau pembayaran yang jauh lebih besar dari yang diperkirakan.

Ada dua jenis bunga yang biasa digunakan dalam pinjaman online, yaitu bunga tetap dan bunga berbunga.

Jika Anda tidak ingin terbebani pinjaman yang terus bertambah banyak, Anda Bisa memilih pinjaman dengan bunga flat yang hanya menghitung bunga satu kali hitungan selama masa tenor.

Sedangkan bunga berbunga adalah bunga yang terus bertambah setiap bulannya, karena bunga yang dibebankan di bulan sebelumnya dihitung sebagai pokok pinjaman.

4 Layanan Aduan Konsumen

Aplikasi pinjam online yang ramah pengguna pasti menyediakan layanan aduan konsumen yang jelas dan mudah dihubungi.

Dengan adanya layanan aduan konsumen ini akan memudahkan Anda menyampaikan keluhan dan mendapatkan solusi dari masalah seputar pinjaman yang Anda hadapi.

5 Teliti Kontrak Perjanjian Pinjaman

Sebelum menyetujui pinjaman, teliti dahulu kontrak perjanjian pinjaman.

Kontrak pinjaman harus memuat jumlah pinjaman, biaya administrasi, bunga, besar cicilan, tenor, tanggal jatuh tempo, serta konsekuensi yang harus Anda terima jika telat melakukan pinjaman.

Kontrak perjanjian ini dapat menjadi penengah ketika Anda memiliki selisih faham dengan debitur online.

Tips Bijak Meminjam Uang Online

cara pinjam uang online cepat cair
Tips Pinjam Uang Online

Setelah mengetahui cara pinjam uang online dan cara memilih aplikasi pinjol yang tepat. Maka anda semakin yakin untuk mengajukan pinjaman dan harus tahu cara bijak meminjam uang online dari suatu aplikasi.

Bijak dalam meminjam uang secara online akan membantu Anda terhindar dari lilitan hutang dan bunga. Beberapa tips bijak tersebut antara lain:

1. Ukur Kemampuan Membayar Cicilan

Saat mengajukan pinjaman online, ukur kemampuan Anda dalam membayar cicilan.

Jika Anda membutuhkan dana besar, tapi memiliki kemampuan membayar cicilan sedikit, sebaiknya pilih pinjaman dengan tenor panjang.

Pilihan ini lebih dianjurkan dibandingkan mencicil dalam jangka waktu pendek, tapi memaksa kemampuan membayar yang akhirnya justru membebani keuangan di bulan berikutnya.

2. Pinjam Sesuai Kebutuhan

Cara pinjam uang online yang mudah dan cepat cair tidak boleh sampai membuat Anda khilaf dan mengajukan pinjaman tidak sesuai kebutuhan.

Anda perlu ingat jika semakin banyak pinjaman yang diajukan, maka semakin besar bunga yang harus Anda tanggung.

Jadi, pastikan hanya mengajukan pinjaman sesuai dengan uang yang dibutuhkan.

3. Bayar Tepat Waktu

Setiap pinjaman online pasti memiliki tanggal jatuh tempo pembayaran. Jangan sampai Anda membayar cicilan melewati tanggal jatuh tempo yang ditentukan.

Jika Anda membayar telat, maka anda akan dibebani dengan bunga hutang yang semakin menumpuk.

Setelah mengetahui segala seluk beluk tentang cara pinjam uang online dan tetap ingin mengajukan pinjaman online, lakukanlah setelah benar-benar yakin.

Mencari review peminjam dan mengetahui opsi yang Anda miliki adalah pilihan terbaik. Dengan demikian pinjaman bukan membebani Anda tapi bisa jadi solusi yang akan membantu keadaan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *